RPP Daring Tema Indahnya Kebersamaan SD No. 4 Kuta

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING 

Tema Indahnya Kebersamaan (Tema 1)

Sub Tema Kebersamaan dalam Keberagaman (Sub Tema 2)

Muatan Terpadu Bahasa Indonesia, PPKn

 KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Membaca: Siswa membaca teks (Literasi), guru meminta setiap siswa melalui grup whatsapp untuk menemukan gagasan pokok dan gagasan pendukung, dilanjutkan dengan  menuliskan  gagasan  pokok  dan  gagasan  pendukung  pada  grafik buku siswa.(Mandiri)(Remembering, Understanding)

Berdiskusi: Melalui grup whatsapp guru meminta siswa mengamati bentuk-bentuk kerjasama masyarakat Indonesia.(Communication), Setiap siswa ditugaskan untuk mencari informasi mengenai satu kebiasaan kerjasama. Siswa bisa bertanya kepada keluarga, mencari informasi di buku atau internet (Mandiri dan tanggung jawab). Siswa juga bisa bertanya ke siswa lain melalui chat whatsapp (Berani), Siswa menulis hasil semua kegiatan di buku siswa (Kerja keras). Hal-hal yang harus ditulis adalah pengertian, contoh, kegiatan yang dilakukan, manfaat dan hal-hal baik yang bisa dicontoh dari kegiatan ini.

(Critical Thinking and Problem Formulation)

Mengkomunikasikan

Siswa melakukan tanya jawab dengan guru tentang materi yang telah di pelajari melalui apilkasi yang telah di tentukan.(Berani). Siswa melaporkan semua latihan dan dokumentasi kegiatan hari ini di buku siswa masing-masing (Displin dan Tanggung jawab), kemudian melaporkan  ke guru dalam bentuk chat, foto, atau rekaman suara. (Variasi Aktivitas). Siswa dianjurkan melihat video pengetahuan di Youtube.com seperti Discovery Channel, sisi terang dan situs lain yang memberikan pengetahuan dan keterampilan kemudian merangkum isinya. (jujur dan mandiri), (Life Skills dan Variasi Aktivitas). Belajar menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi. Guru melakukan evaluasi dan refleksi hasil belajar siswa hari ini dalam bentuk rangkuman chat, video atau rekaman suara. Kegiatan diakhiri dengan berdoa (Religius)


0 comments